WEEKLY MARKET RECAP 6 - 10 Februari 2023
Oleh: KSEP ITB
View PDF
13 Feb 2023

Pada minggu kedua Februari 2023, IHSG mengalami penurunan sebanyak 0,45% ke posisi 6.880,33 dari pekan sebelumnya di posisi 6.911,73.

Rata-rata nilai transaksi harian bursa selama periode ini adalah 1,161 T dengan volume transaksi bursa selama periode ini adalah 17,065 miliar saham.


Highlight

Rusia Bakal Pangkas Produksi Minyak Setengah Barel per Maret

Rusia akan memangkas produksi minyak mentah hingga setengah juta barel per hari (bph) mulai Maret tahun ini. Hal itu dilakukan usai negara Barat memberlakukan pembatasan harga terhadap ekspor minyak negara beruang merah itu.

Saat ini, harga berjangka untuk minyak mentah Brent melonjak 2,7% menjadi US$86 per barel. Penyebabnya adalah para pengusaha mengantisipasi pengetatan pasokan global. Bulan lalu, Badan Energi Internasional (IEA) memprediksi permintaan global akan melonjak sebanyak 1,97jt barel per hari. Angka ini menjadi rekor tertinggi sepanjang masa sebesar 101,7 juta barel per hari.

Medco (MEDC) Buka Peluang Akuisisi Lapangan Migas Tahun Ini

Direktur & COO MEDC Ronald Gunawan mengatakan bahwa MEDC berencana untuk mengakuisisi lapangan migas potensial yang ada di dalam negeri. Ronald mengatakan MEDC memiliki ketertarikan untuk mengembangkan kembali lapangan-lapangan marjinal yang dianggap tidak menarik untuk dieksploitasi lebih lanjut oleh sebagian kontraktor. MEDC mengalokasikan belanja modal sebesar US$370 juta untuk pengembangan portofolio bisnis di bidang migas hingga pembangkit.

Sebagian besar belanja modal dialokasikan untuk pengembangan aset migas mencapai sekitar US$250 juta. Sementara sisanya dialokasikan untuk pengembangan pembangkit.


RECAP IHSG

Pada hari Jumat, 10 Februari 2023, IHSG ditutup pada level 6.880,3291. Selama perdagangan bursa di minggu ke-2 Februari, IHSG dapat dilihat bergerak sideways. Berdasarkan chart, dapat dilihat bahwa harga saham IHSG sudah menyentuh support yang sebelumnya merupakan resistance kuat.